Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Komputer


Biaya Operasi Lasik | Operasi Lasik | Lasik Mata
Sumber: amazonaws.com

Pernah menatap komputer lebih dari dua jam tanpa jeda? Pasti Anda pernah! Ya, inilah masalah yang kerap dikeluhkan pekerja kantoran. Komputer memang membantu pekerjaan, tetapi berita buruknya adalah terlalu lama menatap layar komputer justru buruk bagi kesehatan mata.

Computer vision syndrome (CVS) merupakan gangguan mata akibat penggunaan komputer yang menyebabkan timbulnya rasa ketegangan mata, mata kemerahan, iritasi, mata kering, perasaan terbakar di mata, pandangan kabur atau ganda. Penderita CVS juga sering mengeluhkan masalah sakit kepala dan leher, serta nyeri bahu. Sekitar 90 persen pekerja kantoran dilaporkan mengalami CVS.

"Mata kita tidak dirancang untuk menatap komputer dalam jarak dekat untuk jangka waktu lama. Ingat aturan 20-20-20: setiap 20 menit menatap komputer, ambillah jeda 20 detik untuk melihat objek yang berjarak 20 meter jauhnya," ungkap ahli mata Dr Brian Boxer Wachler.

Memaksa mata untuk terus-terusan melihat komputer justru akan menyebabkan masalah penglihatan. Bahkan masalah kecil yang tidak disadari dan diperbaiki akan menyebabkan rasa sakit selama memakai komputer. Berbagai masalah kelainan refraksi mata, seperti rabun jauh, rabun dekat dan silindris akan menjadi risiko yang tak bisa dielakkan. Ssst, lebih baik mencegah daripada mengobati. Biaya operasi lasik mata tergolong sangat mahal. Makanya lebih baik Anda mulai menerapkan tips sehat tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar