Ancaman UV Ray terhadap Mata


(foto: shutterstock.com)

Banyak orang yang sudah mahfum dengan bahaya sinar matahari terhadap kulit. Oleh karenanya, mereka sudah mengantisipasi hal tersebut dengan mengoleskan cairan pelindung sinar matahari ketika tengah beraktivitas di luar rumah. Namun, satu hal yang tidak umum diketahui adalah tentang bahaya sinar Ultra Violet (UV) terhadap kesehatan mata.

Ketika Anda beraktivitas di luar rumah tanpa pelindung mata yang sesuai, maka sinar UV dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Kerusakan mata yang diakibatkan oleh sinar UV biasa disebut dengan istilah photokerartitis atau terbakarnya mata oleh sinar matahari. Dampaknya adalah mata akan mengalami sakit, pandangan kabur dan bahkan kebutaan sementara.

Dalam jangka panjang, sinar UV dapat lebih serius mengancam kesehatan mata yakni memicu terjadinya penyakit macular degeneration (hilangnya daya lihat akibat kerusakan retina), dan penyakit katarak. Untuk memproteksi mata dari paparan sinar UV, disarankan Anda memakai kacamata hitam sebagai pelindung ketika tengah beraktivitas di luar ruangan.


0 komentar:

Posting Komentar