Perubahan Ketajaman Mata Seiring Bertambahnya Usia


Mata Katarak | Rumah Sakit Mata | Dokter Mata
Sumber: industrytap.com

Jangan pernah memaklumi bahwa ketika masih muda, tubuh Anda akan selalu sehat, dan begitu pula sebaliknya. Kita tak pernah tahu apa yang bakal terjadi dengan kesehatan kita besok, lusa atau minggu depan. Cara yang terbaik adalah mengetahui bahaya yang mengancam dan cara mengatasinya.

Berikut beberapa masalah kesehatan mata yang kerap dialami oleh banyak orang dan sedikit tips untuk mengatasi gangguan tersebut.

1. Usia 20-an: Komputer dan Mata Lelah
Menatap layar komputer, smartphone, dan layar video game akan membuat mata kering, lelah dan tegang. Untungnya, masalah ini tidak memberikan efek permanen. Untuk mencegahnya, cobalah untuk memakai rumus 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit menatap layar komputer, alihkan pandangan mata untuk melihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. 

2. Usia 30-an: Olahraga dan pelindung mata
Biasanya usia kepala tiga, ketajaman penglihatan cenderung masih stabil. Untuk menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan, penting bagi Anda untuk menggunakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan dari paparan sinar UV. Janagn lupa pula untuk menggunakan kacamata pelindung ketika olahraga atau bekerja yang menggunakan alat-alat listrik, mesin atau bahan kimia, baik di rumah maupun di kantor.

3. Usia 40-an: Membaca dan kacamata
Kebutuhan kacamata baca meningkat diusia ini, di mana mungkin seseorang kesulitan untuk membaca dan melakukan tugas-tugas yang memerlukan pandangan dalam jarak dekat. Perubahan penglihatan ini disebut dengan presbiopia, dan hal itu normal. Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter mata untuk mendapatkan kacamata atau lensa mata untuk memperbaiki penglihatan Anda. Jika Anda berminat, operasi laser juga bisa dilakukan.

4. Usia 50-an: Penyakitan dan masalah mata
Beberapa penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi bisa mempengaruhi penglihatan dan kesehatan mata. Diabetes merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa akibat mengembangkan diabetes retinopati. Selain itu, hipertensi dapat merusak pembuluh darah mata dan saraf yang menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan permanen. Waspadai pula berkembangnya mata katarak yang terjadi akibat proses penuaan.

5. Usia 60-an: Penyakit dan kebutaan
Degenerasi makula umum terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya sebagian penglihatan. Degenerasi makula umumnya berkembang secara lambat dan dapat diatasi. Oleh karena itu, orang berada diusia 60 tahun diwajibkan untuk melakukan pengecakan mata setiap tahun. 

0 komentar:

Posting Komentar