Mengenal Katarak


(foto: telegraph.co.uk)

Katarak adalah gangguan pada lensa mata yang membuat penglihatan kabur. Katarak bisa disebabkan oleh penyakit diabetes menahun ataupun karena memandang sinar matahari terlalu lama. Memang, umumnya katarak diderita oleh mereka yang telah lanjut usia. Namun, bukan tidak mungkin bahwa penyakit ini juga akan menyerang anak muda.

Katarak dapat menyebabkan pasien tidak dapat melihat dengan jelas sebab lensa mata yang keruh akan menghalangi cahaya menuju retina. Katarak terjadi secara perlahan. Beruntung, katarak tidak menular dari satu mata ke mata yang lain. Penyakit ini merupakan suatu kelainan proses degeneratif yang terjadi pada lensa mata. 

"Jika gangguan mata, gangguan bisa terjadi dari kerusakan anatomi bola mata, entah itu pada kornea, saraf penglihatan, kornea, hingga retina," jelas Dr Setiyo Budi Riyanto, dokter spesialis mata. 

Sementara itu, untuk mengetahui gangguan penglihatan, mata bisa dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Jika tidak, maka opsi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan lasik mata.

0 komentar:

Posting Komentar