Mata Cerminkan Kesehatan Tubuh Anda!


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: mybesteyeglasses.com
Kata pepatah kuno, mata adalah jendela jiwa. Ya, mata tak hanya sekedar menunjukkan adanya adanya tanda-tanda gangguan mata tertentu, seperti mata katarak, glaukoma, hingga degenarasi makula. Mata juga mencerminkan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Terkadang, muncul tanda-tanda penyakit sistemik, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular, yang bisa dilihat melalui mata.

"Mata kita benar-benar unik. Mata satu-satunya bagian di tubuh di mana Anda bisa melihat saraf telajang, pembuluh arteri telanjang, dan vena telanjang tanpa harus memotong bagian tubuh tertentu. Dan proses penyakit yang kita lihat terjadi di mata mungkin juga terjadi di seluruh tubuh," ungkap Andrew Iwach, MD, Profesor klinis asosiasi Oftalmologi di University of California, San Fransisco, yang dikutip dari Web MD.

Selain diabetes dan kardiovaskular, mata juga dapat menunjukkan tanda-tanda dari penyakit sistemik lainnya, yaitu aneurisma, HIV, kanker dan penyakit keturunan lainnya. Lantas dengan fakta tersebut, apakah Anda masih malas memeriksakan mata ke dokter mata?

"Setiap orang harus memiliki pemeriksaan mata yang komprehensif di usia 40 tahun. Jangan menunggu munculnya gejala baru ke dokter sebab banyak masalah mata yang cenderung tanpa gejala. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata diwajibkan melakukan pemeriksaan mata, dan siapa saja yang mengalami kesulitan melihat harus ke dokter segera mungkin," ungkap Ruth D. Williams, MD, dokter mata di Wheaton, Illinois.

0 komentar:

Posting Komentar