Lasik dan Lasek, Apa Bedanya?


Dokter Mata | Operasi Lasik | Lasik Mata
Sumber: webmd.com

Setiap tahun jutaan orang melakukan bedah kelainan refraksi mata untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik. Operasi laser tersebut kini menjadi salah satu prosedur bedah yang paling populer di dunia dan cenderung diminati pasien karena dianggap aman dan lebih akurat. 

Sebenarnya, operasi kelainan refraksi mata ada beberapa jenis, yaitu lasek dan lasik mata. Kedua jenis operasi laser mata ini sama-sama dilakukan untuk membentuk kembali kornea mata, sehingga cahaya dapat masuk ke kornea dan lensa, untuk kemudian difokuskan di bagian retina agar penglihatan pasien kembali tajam. Namun, dari dua jenis operasi mata ini, lasik mata jauh lebih populer dibandingkan lasek mata.

Baik operasi lasik maupun lasek sama-sama menggunakan perangkat yang dikenal dengan laser excimer. Namun, perbedaan utama dari dua jenis operasi laser mata ini terletak pada cara bagaimana kornea mata diperlakukan. Selama prosedur lasik, dokter mata akan membuat flap kecil di kornea menggunakan teknologi laser tersebut. Sementara pada lasek, lapisan terluar di kornea akan dihilangkan atau dikendurkan menggunakan larutan alkohol selama 30 detik, bukan dengan pisau bedah. Teknologi laser akan dipakai untuk merapikan lapisan tebal di bagian tengah kornea. 

Dari segi pemulihan, pengobatan secara lasik jauh lebih cepat dibandingkan pengobatan secara lasek. Untuk mengetahui apakah Anda cocok melakukan lasek atau lasik mata, cobalah lakukan pemeriksaan khusus dengan dokter mata Anda. Jika kornea Anda tipis atau kondisi mata sangat kering, mungkin dokter mata akan merekomendasikan untuk melakukan lasek dibandingkan lasik.

0 komentar:

Posting Komentar