China Terapkan Peraturan Belanja Online


Online Marketplace Indonesia | Marketplace Indonesia | Toko Gadget Online Terpercaya
Sumber: franchiseherald.com


Salah satu hal yang tengah menjadi sorotan dalam jual-beli online di adalah kualitas barang yang kerap berbeda dengan gambar yang diposting dalam sebuah e-commerce atau e-marketplace. Kondisi ini tentu saja merugikan pihak konsumen. Melihat praktik tersebut, pemerintah China tidak tinggal diam.

Pemerintah China menetapkan peraturan baru terkait belanja online untuk melindungi konsumen. Kini, konsumen yang menerima barang yang dibeli melalui e-commerce maupun online marketplace berhak mengajukan penukaran barang apabila barang yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan konsumen. 

Tak hanya itu, Pemerintah China juga menetapakan peraturan lain bahwa perusahaan e-commerce diwajibkan untuk mengatasi masalah tersebut dalam tujuh hari. Jika tidak, perusahaan e-commerce tersebut akan dikenakan denda sebesar 1.000 yuan hingga 10.000 yuan. 

Seharusnya langkah berani Pemerintah China ini ditiru oleh Pemerintah Indonesia. Memang sebaiknya diperlakukan sebuah regulasi yang mengatur e-commerce maupun online marketplace Indonesia guna melindungi konsumen. Sebab, sangat minim perlindungan hukum korban penipuan toko online dan marketplace Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar