Benarkah Hipertensi Bisa Picu Mata Katarak?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: allaboutdryeye.com

Mata katarak telah menjadi penyebab utama gangguan penglihatan di seluruh dunia. Menurut data yang diberikan WHO, katarak bertanggung jawab terhadap hampir 50 persen masalah kebutaan di seluruh dunia. Seiring bertambanhnya usia, prevalensi katarak meningkat pesat. 

Pentingnya mengetahui faktor risiko katarak akan membantu mencegah atau memperlambat perkembangan mata katarak. Dalam dekade terakhir, para peneliti telah melakukan berbagai penelitian mengenai katarak. Salah satunya yang menunjukkan hipertensi memainkan peran penting dalam pengembangan katarak.

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat berdampak pada mata dan mungkin menyebabkan katarak. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dalam waktu cukup lama dan tidak terkendali, mungkin Anda bisa mengalami hipertensi retinopati. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hipertensi bisa menyebabkan konformasi struktur perubahan protein dalam kapsul lensa, sehingga memperburuk pembentukan katarak. Tekanan darah tinggi dapat memicu katarak proegumenal.
Studi lain menemukan hubungan yang signifikan antara kejadian katarak dan tekanan darah sistolik, tetapi bukan dengan tekanan darah diastolik.  

Jadi, tak ada salahnya Anda selalu melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Pencegahan sejak dini jauh lebih baik dibandingkan melakukan pengobatan katarak di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar