Apartemen Bebas Penyakit? Perhatikan Faktor Ini (II)


Sumber: nytimes.com

Kita tentunya selalu mengharapkan sebuah tempat tinggal yang bersih dan sehat. Termasuk, bila kita hidup di sebuah apartemen. Di bawah ini adalah beberapa petunjuk untuk menjaga apartemen Anda tetap bersih dan bebas dari penyebab alergi atau penyakit.

Bersihkan (ganti) peralatan pembersih
Keset, alat pel, sapu, dan sikat-sikat pembersih yang ada di dalam apartemen adalah barang-barang yang harus selalu terjaga kebersihannya. Begitu juga dengan bahan-bahan kimia yang kita gunakan. Usahakan bahan tersebut tidak berbahaya bagi alergi Anda atau anggota keluarga (jika ada) dan ramah lingkungan.

Buka jendela
Saat Anda sedang berada di apartemen dan cuaca sedang bersahabat, usahakan untuk membuka jendela sesering mungkin. Yah setidaknya, untuk beberapa jam saja. Biarkan sirkulasi udara terjadi di dalam ruang-ruang apartemen Anda. Hal ini layaknya memberi apartemen Anda kesempatan untuk "menarik napas dalam-dalam".

Monitor temperatur apartemen
Ingat, lembab yang berlebih adalah sumber tumbuhnya jamur. Sialnya, jamur-jamur ini kadang ada yang tak terlihat mata. Perhatikan selalu suhu di dalam apartemen Anda.

Sabar
Menciptakan sebuah apartemen yang sehat tentunya membutuhkan waktu. Jangan terburu-buru untuk melakukan semuanya secara bersamaan dan berharap langsung mendapatkan hasil instan. Lakukan saja dulu satu persatu, sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki. Untuk langkah awal, mungkin mengganti alat-alat atau bahan kimia pembersih yang sudah usang bisa jadi pilihan tepat.

0 komentar:

Posting Komentar