Apartemen Bebas Penyakit? Perhatikan Faktor Ini (I)


Sumber: timeout.com

Kita tentunya selalu mengharapkan sebuah tempat tinggal yang bersih dan sehat. Termasuk, bila kita hidup di sebuah apartemen. Di bawah ini adalah beberapa petunjuk untuk menjaga apartemen Anda tetap bersih dan bebas dari penyebab alergi atau penyakit.

Copot alas kaki
Ini adalah sebuah langkah awal yang baik untuk mencegah kuman masuk ke dalam apartemen. Bayangkan betapa banyak kuman yang ikut (dan berpindah-pindah) bila kita berkeliaran di dalam dengan memakai alas kaki. Terapkan aturan ini pada siapa pun, sebelum mereka masuk apartemen. Tapi jangan lupa, sediakan dulu rak sepatu ya.

Minimalkan tumpukan barang
Makin banyak tumpukan barang di sana sini, makin banyak permukaan yang bisa 'dihinggapi' debu. Salah satu langkah paling ampuh untuk membuat apartemen Anda tetap sehat adalah dengan sering-sering menyedot debu.

Ganti saringan udara
Yang satu ini simpel kok. Ganti saringan udara di AC apartemen Anda setidaknya 1-2 bulan sekali. Jika memang pihak apartemen tak melakukannya, kita tetap bisa melakukannya sendiri karena cukup mudah kok. Percayalah, paru-paru Anda (dan keluarga) akan berterima kasih.

Saringan air
Masih soal filter alias saringan. Kali ini untuk air. Sama dengan AC, saluran air dalam apartemen juga bisa menjadi tempat 'nongkrong' favorit kuman-kuman dan penyebab penyakit lainnya. Apalagi, air untuk kita memasak dan mandi. Menginvestasikan sedikit dana untuk hal yang satu ini adalah pilihan yang bijak.

0 komentar:

Posting Komentar