Radikal Bebas, Si Pemicu Mata Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: demandstudios.com

Mata katarak memang dikenal sebagai penyakit orangtua, sebab sebagian besar penderitanya adalah mereka yang berusia lanjut usia. Meskipun begitu, ada cukup banyak kasus yang mengungkapkan bahwa mata katarak juga kini menyerang anak muda. Penyebab bermacam-macam, salah satunya adalah radikal bebas.

Radikal bebas yang mengancam manusia ternyata berada di mana-mana. Akibatnya, paparan radikal bebas berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis dan penyakit degeneratif, seperti serangan jantung, alzheimer, stroke, kanker bahkan hingga mata katarak. Radikal bebas adalah atom atau kelompok atom yang sangat reaktif dengan atom dan molekul lain karena mereka memiliki elektron yang tidak berpasangan. 

Radikal bebas merusak tubuh dengan mencuri elektron dari sel-sel normal yang sehat dari organ dan jaringan lain. Proses pencurian elektron dari sel-sel sehat disebut dengan oksidasi. Di mata, oksidasi mempengaruhi protein dan lemak pada lensa mata, yang menyebabkan lensa menjadi rusak dan berawan, kemudian menciptakan katarak. Mencegah kerusakan radikal bebas dengan makanan sehat, terutama yang mengandung antioksidan untuk memperlambat proses ini.

Radikal bebas yang merusak mata kita dan seluruh tubuh dapat berasal dari makan makanan yang tidak sehat, paparan polusi atau bahan kimia, merokok dan radiasi ultraviolet. 

0 komentar:

Posting Komentar