Pentingnya Pengobatan Katarak Pada Bayi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: globalnews.ca

Ketika bayi terlahir dengan mata katarak, maka bayi mengalami katarak kongenital. Sekitar tiga dari 10.000 anak-anak mengembangkan katarak sejak lahir. Apakah bayi atau anak Anda membutuhkan pengobatan katarak, hal itu sangat tergantung pada apakah mata katarak tersebut mempengaruhi penglihatan mereka. 

Dalam beberapa kasus, anak-anak dengan katarak jarang mengembangkan masalah penglihatan. Namun, dalam banyak kasus, katarak berkembang seiring berjalannya waktu. Jika katarak tidak menimbulkan masalah, maka pengobatan mungkin bisa ditunda. Sebaliknya, anak mungkin hanya memerlukan pemeriksaan rutin untuk memantau penglihatannya. Jika ternyata katarak mempengaruhi penglihatan anak, maka sangat disarankan untuk melakukan operasi katarak.

Tanpa intervensi dini, katarak kongenital menyebabkan mata malas atau amblyopia. Mata malas merupakan sebuah kondisi di mana penglihatan kurang bekerja sebagaimana mestinya akibat perkembangan penglihatan yang tidak sempurna dalam otak. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan masalah mata lainnya seperti nystagmus, strabismus (mata juling) dan ketidakmampuan untuk fokus pada objek, bahkan mungkin anak akan mengalami kesulitan melihat dalam proses belajar di dalam kelas. Kasus strabismus juga menyebabkan mata tidak fokus sehingga anak membutuhkan kacamata untuk melihat lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar