Pengobatan Katarak Terbaik: Operasi!


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: depthtml.musc.edu

Ketika lensa mata berubah menjadi putih keruh, maka Anda sedang mengembangkan mata katarak. Kebanyakan kasus katarak terjadi karena hasil dari proses alami penuaan. Namun, sebagian orang mengembangkan mata katarak sejak lahir atau berkembang sebagai akibat dari perubahan fisik, pengonsumsian obat kimia atau cedera.  Operasi menjadi pengobatan katarak yang paling umum dilakukan, termasuk di Indonesia.

Sebagian besar operasi katarak dilakukan dengan teknik yang disebut phacoemulsification. Di bawah anaestesi lokal, ahli bedah akan melakukan sayatan kecil di sisi kornea, kemudian menyedot kekeruhan berwarna putih dari mata. Dokter mata umumnya menggunakan laser untuk membuat sayatan. Sayatan yang kecil dan tepat akan menurunkan risiko komplikasi dan meningkatkan pemulihan dari operasi katarak.

Setelah katarak dihapus, ahli bedah biasanya menggantinya dengan lensa buatan manusia baru yang disebut lensa intraokuler (IOL). Lensa ini terbuat dari silikon atau akrilik berwarna bening dengan daya optik yang disesuaikan untuk membantu memulihkan penglihatan normal, dan meminimalkan ketergantungan pada kacamata setelah operasi. Lensa ini permanen dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Operasi katarak dilakukan sebagai prosedur rawat jalan di ruang operasi, sehingga pasien tidak perlu menginap di rumah sakit. Operasi ini juga relatif cepat dan aman. 

0 komentar:

Posting Komentar