Pengobatan Katarak Meningkatkan Kualitas Hidup Penderitanya


Sumber: cedarvalleyeyecare.com
Kehilangan penglihatan memberikan dampak negatif yang besar pada kualitas hidup penderitanya. Tak bisa dipungkiri bahwa kehilangan penglihatan menjadi salah satu hal yang paling ditakuti banyak orang. 

Sebuah wawancara dilakukan di Kenya dan Bangladesh terhadap orang dewasa berusia di atas 50 tahun yang baru saja menjalani operasi katarak. Hal ini merupakan bagian dari studi yang dilakukan International Centre for Eye Health pada dampak operasi katarak terhadap kualitas hidup. Dan hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar penderita mata katarak mengakui beberapa hal yang mereka takuti akibat mata katarak.

1. Terisolasi dari lingkungannya. Orang dewasa dengan gangguan penglihatan cenderung untuk tidak terlibat dalam kehidupan sosial dan keluarga. Berpartisipasi dalam kegiatan, yang berkaitan dengan pekerjaan dan berkumpul dengan lingkungannya, merupakan faktor penting dalam kesejahteraan dan kebahagiaan bagi orangtua. 

2. Kecemasan dan depresi. Ada beberapa indikasi hubungan antara kehilangan penglihatan dan depresi. Orang dewasa tunanetra karena katarak di Kenya tiga kali lebih mungkin untuk mengalami depresi dan kecemasan dibandingkan dengan orang-orang dari usia yang sama dengan penglihatan normal.

3. Kapasitas penghasilan berkurang. Orangtua dengan gangguan penglihatan kurang mampu dalam mencari nafkah atau berkontribusi untuk masalah rumah tangga. Di antara orang-orang yang diwawancarai di Bangladesh mengakui bahwa mereka yang memilii penglihatan buruk (katarak) lebih sering ditolak sebagai buruh harian dan kehilangan pekerjaannya sebagai seorang kepala rumah tangga. 

0 komentar:

Posting Komentar