Obat Kortikosteroid Naikkan Risiko Mata Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: nhsdirect.wales.nhs.uk

Kebanyakan kasus mata katarak kerap muncul tanpa menimbulkan gejala. Masalah penuaan kerap kali  menjadi kambing hitam dari risiko katarak. Padahal sebenarnya, katarak bisa muncul karena beberapa faktor risiko, termasuk  kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, obesitas, luka atau infeksi di mata hingga konsumsi obat kortikosteroid. Berbicara mengenai kortikosteroid, apakah Anda tahu apa itu kortikosteroid?

Tubuh secara alami memproduksi hormon kortisol yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Jika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon, dokter mungkin meresepkan obat ini agar tubuh tercukupi asupan kortisol tersebut.  Kortikosteroid juga menjadi salah satu pengobatan asma dan alergi. 

Penggunaan kortikosteroid dalam dosis tinggi dan jangka waktu panjang dikaitkan dengan meningkatnya risiko mata katarak. Jenis katarak yang disebabkan oleh penggunaan kortikosteroid adalah katarak subkapsular. Meskipun katarak dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan, penderita bisa melakukan pengobatan katarak. Umumnya, perbaikan penglihatan dengan operasi dalam banyak kasus selalu sukses. 

0 komentar:

Posting Komentar