Mengenal Tipe Mata Katarak Kongenital Pada Anak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: chippewaeyeclinic.com
Mata katarak ditandai dengan kekeruhan di lensa mata yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan melihat dengan jelas. Katarak kerap dialami orang dewasa sebagai bagian dari proses penuaan, namun beberapa bayi yang baru lahir dan anak-anak juga bisa mengembangkan mata katarak di usia yang masih sangat muda. Kondisi ini dikenal dengan istilah katarak kongenital.

Berikut ini beberapa tipe mata katarak kongenital yang menyerang anak-anak.
1. Anterior polar cataract terletak di bagian depan lensa mata dan biasanyaa terkait dengan warisan orangtua. Katarak tipe ini sering disepelekan, padahal tetap diperlukan pengobatan katarak dengan pembedahan.

2. Nuclear cataract muncul dibagian tengah lensa dan merupakan bentuk umum dari katarak kongenital.

3. Posterior polar cataract muncul di belakang lensa mata.

4. Cerulean cataracts biasanya ditemukan di kedua mata bayi dan dibedakan dengan bintik kecil dan kebiruan pada mata serta terkait dengan keturunan atau genetik.

Tanpa pemeriksaan dini, katarak kongenital menyebabkan mata malas atau amblyopia. Kondisi ini kemudian menyebabkan masalah mata lainnya seperti nystagmus, strabismus dan ketidakmampuan memperbaiki pandangan pada objek. Tentu saja, masalah tersebut dapat mempengaruhi kemampuan belajar, kepribadian dan penampilan seorang anak. 

0 komentar:

Posting Komentar