Kenapa Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah, Kuning dan Hijau?


Sumber: gizmag.com

Secara teori, lampu lalu lintas pertama kali muncul di kota London, Inggris, pada tahun 1868. Namun saat itu penggunaannya masih untuk pengaturan rel kereta api. Lampu lalu lintas yang 'sebenarnya' (untuk jalan raya) baru ada tahun 1912 di Salt Lake City, Amerika Serikat.

Lalu kenapa warna yang dipilih adalah warna merah, kuning dan hijau? Apa alasan dibalik pemilihan warna-warna tersebut?

Merah
Entah kenapa, warna yang satu ini identik dengan bahaya, darah dan risiko, sehingga pemilihan merah untuk tanda "stop" amatlah tepat. Warna merah nyatanya memang digunakan di seluruh dunia untuk memberhentikan arus lalu lintas dan menghindarkan pengemudi dari celaka.

Kuning
Sebenarnya, pemilihan kuning sebagai warna tanda peringatan dirasa cukup aneh. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang menganggap bahwa kuning mewakili kehangatan, matahari dan perasaan relax dibandingkan sebuah peringatan. Meski begitu, pemilihan kuning mungkin karena warna ini akan sangat jelas terlihat dari jauh, bahkan pada malam hari sekalipun.

Hijau
Hijau menjadi simbol banyak hal, salah satu yang paling signifikan adalah warna ini berarti santai dan aman (bagi pengemudi). Hijau diyakini mempunyai impact yang kuat bagi pengemudi karena pasti terlihat dari jauh baik saat siang maupun malam hari.

0 komentar:

Posting Komentar