Kapan Bayi Harus Melakukan Pemeriksaan Mata?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: randomstory.org

Sebagai orangtua, Anda pasti mengkhawatirkan kualitas penglihatan anak Anda. Terlebih kini, ancaman mata katarak juga dapat menimpa siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Oleh karena itu, perlu diagendakan untuk menemui dokter mata sesegera mungkin. Pemeriksaan mata pada anak sangatlah penting, sebab 5 sampai 10 persen anak usia pre-school dan 25 persen anak usia sekolah kedapatan memiliki masalah penglihatan. Artinya, pemeriksaan mata dini pada anak akan mencegah berbagai masalah penglihatan yang tak diinginkan.

Menurut American Optometric Association (AOA), anak-anak pada umumnya harus melakukan pemeriksaan mata pertama mereka di usia 6 bulan. Kemudian saat usia tiga tahun dan pada awal masuk sekolah. Kebanyakan dokter mata akan menyarankan anak melakukan pemeriksaan mata setiap satu sampai tiga tahun sekali tergantung pada usia anak, faktor risiko dan apakah orangtua mengenakan lensa korektif saat ini. 

Anak-anak yang faktor risiko tertentu yang menyebabkan masalah penglihatan perlu dapat pemeriksaan mata pertama di usia 6 bulan. Contoh fakto risiko tersebut mencakup:
1. Anak terlahir prematur atau berat badan kurang dari normal.
2. Selama masa kehamilan, ibu mengalami infeksi (rubella, penyakit kelamin, herpes, atau bahkan AIDS).
3. Anak mengalami keterlambatan perkembangan.
4. Mata juling (strabismus).
5. Kesalahan bias yang tinggi (anisometropia).
6. Anak memiliki penyakit.
7. Bahkan, anak-anak yang memakai kacamata atau lensa kontak harus melakukan pemeriksaan mata setiap tahunnya.

0 komentar:

Posting Komentar