Kacamata Hitam Lebih Dari Sekedar Gaya


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: prairieeyecare.com
Katarak merupakan kekeruhan lensa mata yang mengaburkan penglihatan. Umumnya, masalah ini banyak dialami oleh orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wanita berisiko lebih tinggi dibandingkan laki-laki untuk mengembangkan masalah tersebut, sama halnya dengan penderita diabetes. 

Penelitian lain mengkaitkan paparan sinar matahari dengan terjadinya mata katarak. Ahli mata mengatakan bahwa paparan radiasi sinar UV jangka panjang dapat mempercepat perkembangan katarak. Kacamata hitam yang tepat dapat bertindak sebagai tabir surya. "Hampir semua sinar UV yang masuk ke mata akan diserap oleh kornea dan lensa mata," ungkap Lee Duffner, MD, dari Bascom Palmer Eye Institute di University of Miami.

Selain menyebabkan mata katarak, radiasi UV juga dapat mengganggu atau bahkan membakar kornea. Hal ini dikaitkan dengan kanker kulit di sekitar kelopak mata, dan pterygium, pertumbuhan jaringan abnormal pada putih mata. Bahkan beberapa studi menemukan orang terlalu lama terkontak dengan sinar matahari dapat menaikkan risiko degenerasi makula, sebuah penyakit yang merusak retina.

Oleh karena itu, pilihlah kacamata hitam dengan lensa yang mampu memblokir hingga 99 persen sinar berbahaya UVA dan UVB. Jangan terkecoh dengan harga mahal sebab beberapa merek kacamata cenderung hanya melindungi mata dari UVC, sumber ultraviolet yang sebenarnya sudah diblokir oleh lapisan atmosfer ozon.

0 komentar:

Posting Komentar