Cedera yang Berujung Pada Pengembangan Mata Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: dwklaw.com

Berbagai kondisi dapat mempercepat pertumbuhan mata katarak. Kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan hipertensi merupakan faktor yang paling umum, yang menyebabkan katarak untuk berkembang sebelum waktu. Tak hanya itu saja, penyakit kulit seperti eksim juga dikaitkan dengan peningkatan risiko mata katarak.

Kini, ada faktor risiko lain di luar kesehatan, gaya hidup tak sehat dan penuaan yang dapat menyebabkan munculnya mata katarak sedini mungkin. Trauma fisik yang dialami oleh mata dapat menyebabkan pembengkakan dan penebalan lensa mata, kemudian menyebabkan kekeruhan lensa mata. Alhasil, penglihatan mulai kabur. 

Pembengkakan tersebut bisa sembuh seiring waktu, namun penggumpalan putih keruh di atas lensa kemungkinan besar tidak akan hilang begitu saja. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah konsultasi ke dokter mata untuk menemukan solusi pengobatan katarak yang tepat. Mata katarak karena traumatik memberikan tantangan medis dan bedah kepada dokter spesialis mata. Pemeriksaan yang cermat dan pengelolaan mata katarak dapat mempermudah kasus tersebut dan memberikan hasil terbaik. 

Jadi, sangat disarankan bagi siapa pun yang sering olahraga atau melakukan pekerjaan tertentu yang berisiko tinggi, seperti konstruksi, alangkah baiknya menggunakan pelindung mata untuk mengurangi risiko trauma fisik pada mata.

0 komentar:

Posting Komentar