Bunda, Ini Dia Cara Merawat Mata Anak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: wallpaperfo.com
Mata yang sehat amatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Di usianya yang masih sangat muda, anak-anak bisa menderita berbagai gangguan mata, seperti rabun jauh (miopia), mata malas (amblyopia), silindris, dan bahkan mata katarak.

Mencegah lebih baik dari mengobati. Orangtua bisa kok merawat kesehatan panca indera penglihatan anak dengan beberapa cara mudah seperti berikut ini.

1. Jika Anda melihat perilaku anak yang tidak biasa seperti memutar kepala ke satu sisi saat menonton TV, atau berulang kali menabrak benda di hadapannya, jangan ragu untuk membawa anak ke rumah sakit mata. "Dokter mata akan memeriksa mata anak, tidak peduli berapa usianya," ungkap dokter mata Dr Chan-Uy.

2. Meskipun mata anak terlihat normal, anak berusia 3 tahun diharuskan melakukan pemeriksaan mata. Hal ini penting untuk mengetahui apakah kondisi mata seperti rabun jauh (miopia) turunkan dari orangtua ke anak. Pemeriksaan mata untuk mencegah miopia dapat menekan munculnya risiko lain, yaitu mata malas (amblyopia).

3. Batasi penggunaan gadget dan alat elektronik lainnya. Penggunaan gadget, komputer dan alat elektronik lainnya harus dibatasi pada anak. Anak harus melakukan istirahat setelah bermain gadget selama 30 menit. Hal ini juga berlaku pada orang dewasa.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi anak. Penglihatan anak sangatlah penting. Konsumsi makanan seperti sayuran, khususnya sayuran berdaun gelap, wortel, labu dan sayur-sayuran.

0 komentar:

Posting Komentar