Bolehkan Melakukan Pengobatan Katarak Setelah Operasi Lasik?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: foxnews.com

Pengobatan katarak menjadi salah satu cara untuk mengembalikan penglihatan normal akibat mata katarak. Namun ternyata masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah diperbolehkan melakukan operasi katarak setelah melakukan lasik mata? Jawabnya, tentu saja boleh.

Pertama-tama, Anda diharuskan untuk melakukan pengecekan mata terlebih dahulu kepada dokter mata untuk mendapatkan informasi spesifik mengenai mata dan penglihatan Anda dari sebelum dan setelah operasi lasik. 

Kedua, operasi lasik dan katarak sama-sama membantu memperbaiki penglihatan penderitanya. Bedanya, selama operasi lasik, laser digunakan untuk membentuk kembali kornea sedemikian rupa yang akan membantu untuk membiaskan sinar cahaya untuk fokus dan tepat di retina, bukan di luar atau depan retina. Hasilnya, penderita dapat memiliki penglihatan lebih jelas. 

Di sisi lain, operasi katarak di lakukan di lensa alami mata. Operasi katarak melibatkan menghapuskan lensa berkabut dan menggantinya dengan lensa implan intraokular. Lensa buatan ini akan dipasang di lensa alami mata Anda dan menjadi bagian dari mata Anda seumur hidup, serta dirancang untuk memberikan koreksi penglihatan sebagai pengganti kacamata setelah katarak dihapus. 

Bagi orang-orang yang telah melakukan operasi lasik, dokter perlu konsentrasi dalam menghitung kekuatan lensa dengan benar. Selain melakukan pengukuran mata, ahli bedah juga perlu memperhatikan catatan resep sebelum dan setelah operasi lasik, serta melakukan pengukuran akurat dari kelengkungan lensa sebelum lasik mata. 

Jika Anda tidak memiliki catatan saat pemeriksaan lasik, mintalah dari penyedia layanan kesehatan yang telah melakukan operasi lasik Anda. Jika tidak, Anda masih dapat memiliki operasi katarak. 

0 komentar:

Posting Komentar