Berapa Lama Masa Pemulihan Pasca Pengobatan Katarak?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: petroueyecare.com

Beberapa pasien dapat melihat dengan baik pasca pengobatan katarak melalui operasi. Sebagian lagi membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk meraih penglihatan normal. 

Minggu pertama setelah operasi
Setelah operasi katarak, penglihatan Anda kembali pulih dalam beberapa hari. Penglihatan Anda mungkin akan kabur pada awalnya, tapi jangan terlalu khawatir. Kondisi tersebut merupakan bentuk penyesuaian. Pasien juga disarankan untuk menemui dokter kembali pada satu atau dua hari setelah operasi, beberapa minggu selanjutnya dan kemudian satu bulan kemudian untuk memantau penyembuhan. 

Sangat normal untuk merasakan gatal dan ketidaknyamanan ringan selama beberapa hari setelah operasi. Pada minggu-minggu awal setelah operasi, pasien sangat disarankan untuk mengenakan pelindung mata, baik kacamata atau perisai mata, untuk melindungi mata dari sentuhan tangan ketika beraktivitas maupun saat tidur. Tekanan dari tangan saat menggosok mata dapat membuka kembali sayatan operasi. 

Beberapa minggu setelah operasi
Pasien akan diperiksa untuk melihat proses pemulihan berlangsung dengan baik atau tidak. Lensa buatan yang ditanam di mata akan terus dipakai seumur hidup. Kadang-kadang, lensa buatan tersebut bisa bergeser posisinya sehingga mengakibatkan penglihatan kabur. Jika hal ini terjadi, segera temui dokter. 

Jika Anda memiliki mata katarak di kedua mata, dokter akan menjadwalkan operasi kedua sekitar dua bulan pasca operasi pertama. Hal ini memberikan waktu bagi mata pertama untuk sembuh secara maksimal sebelum operasi mata kedua berlangsung. 

2 komentar:

  1. aku mencari formula untuk pemulihan pasca sakit di goolge

    BalasHapus
  2. Tks referensinya aku mau di operasi katarak pagi ini

    BalasHapus