Waspadai Mata Katarak Pada Anak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: livestrong.com


Meskipun mata katarak erat kaitannya dengan penuaan, masalah penglihatan ini juga bisa terjadi pada anak-anak. Beberapa mata katarak terjadi saat kelahiran, dan sebagian lainnya mengembangkan mata katarak pada beberapa bulan pertama atau setelah beberapa tahun pasca lahir. Katarak ini disebut katarak kongenital.

Beberapa mata katarak diwariskan, sementara lainnya berkaitan dengan metabolisme atau kelainan sistemik.  Dalam beberapa kasus, penyebabnya tidak diketahui. Diperkirakan satu dari 250 anak akan mengembangkan mata katarak baik sebelum kelahiran atau selama masa kanak-kanak.

Mata katarak dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata anak sekaligus. Jika di kedua mata (katarak bilateral) belum diketahui secara pasti penyebabnya. Katarak jenis ini juga dikaitkan dengan sejumlah masalah genetik. Sementara katarak yang hanya ditemukan di satu mata (katarak unilateral) biasanya tidak berhubungan dengan penyakit tertentu. Trauma sering dianggap sebagai penyebabnya.

Anak yang mengalami masalah penglihatan seperti ini biasanya memerlukan pengobatan katarak. Operasi dapat dilakukan sesegera mungkin untuk mencegah terjadinya kehilangan penglihatan dan untuk menjaga perkembangan mata anak.

0 komentar:

Posting Komentar