Sepak bola? Balap Motor? Bukan, Ini Motoball!


Sumber: mpora.com

Suka sepak bola tapi juga menggemari sepeda motor? Gabungkan saja keduanya dan bermain Motoball! Seperti namanya, bisa ditebak kalau olahraga yang satu ini adalah sebuah permainan sepak bola yang menggunakan sepeda motor di dalam aksinya.

Motoball mungkin tak begitu terkenal (bahkan bisa jadi, tidak diketahui) di Amerika maupun Asia, tapi cukup populer di beberapa negara Eropa, khususnya Rusia dan Perancis. Beberapa pemain Motoball terbaik yang pernah muncul kebanyakan memang berasal dari Rusia (dulu Uni Soviet).

Motoball dimainkan pada lapangan sepakbola biasa, lengkap dengan gawang beserta garis-garisnya. Satu timnya beranggotakan lima orang: empat orang riders dan seorang penjaga gawang. Para riders yang bermain akan berebut bola berdiameter 40 cm dan mempunyai bobot sekitar satu kilogram.

Sebuah pertandingan Motoball diatur oleh dua orang wasit, dibantu dua penjaga garis (linesmen). Pertandingan tersebut dibagi menjadi empat babak yang masing-masing berdurasi 20 menit.

Pertandingan Motoball yang pertama dimainkan tahun 1929 di kota Dijon, Perancis. Permainan ini lalu menyebar dan populer di Inggris, belanda, Spanyol, dan Belgia. Sementara pertandingan resminya dilangsungkan pada tahun 1963 di Uni Soviet.

Saat ini, beberapa kejuaraan resmi Motoball banyak diadakan di negara-negara Eropa.

0 komentar:

Posting Komentar