Penuaan yang Tak Bisa Dihindari: Mata Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: webmd.com

Rambut beruban, gerak tak lagi lincah dan penglihatan kabur karena mata katarak merupakan bagian proses penuaan yang tak bisa ditolak setiap orang. Penglihatan yang mulai kabur tentu saja mengganggu aktivitas harian, seperti aktivitas membaca hingga pekerjaan rumah tangga. 

"Karena katarak berkembang selama bertahun-tahun, munculnya gangguan penglihatan mungkin nyaris tak terasa oleh penderita. Umumnya, penderita merasa bahwa resep kacamata mereka harus diperbaharui, padahal sebenarnya mereka mengalami katarak," ungkap dokter mata David C. Brown, MD, yang dikutip dari Lee Memorial.

Katarak ditandai dengan munculnya keruhan berwarna putih di lensa mata. Walaupun begitu, penuaan tak hanya menjadi satu-satunya penyebab mata katarak. Sebab, katarak dapat mempengaruhi setiap orang dari segala usia. Ada banyak faktor yang berperan dalam pembentukan mata katarak seseorang. Faktor seperti kebiasaan merokok, paparan sinar matahari hingga diabetes akan meningkatkan risiko mata katarak. 

Tak ada perawatan medis, seperti obat tetes mata atau obat minum untuk mencegah atau mengobati mata katarak. Pengobatan katarak melalui operasi menjadi satu-satunya pilihan. "Selama bertahun-tahun, pengobatan katarak menjadi lebih baik, termasuk teknik bedah, hingga pilihan lensa baik diagnostik maupun intraokular untuk memperbaiki penglihatan," tambah dr. Brown.

0 komentar:

Posting Komentar