Pasca Operasi Pengobatan Katarak, Tunda Dulu Pakai Makeup


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: cataract-health-news.com

Banyak pasien operasi pengobatan katarak, terutama perempuan, yang selalu bertanya kapan bisa kembali memakai makeup setelah operasi katarak. Hal ini lumrah mengingat perempuan tak bisa lepas dari makeup. Namun, pasien tetap diperbolehkan menggunakan lipstik, foundation dan bedak setelah operasi. Hanya saja, makeup di area mata, seperti eyeshadow, maskara, dan eyeliner, sebaiknya dihindari.

Sebenarnya, tak ada aturan untuk berapa lama Anda harus 'puasa' tidak menggunakan makeup, mengingat setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda-beda. Namun, demi meminimalkan risiko yang tak diinginkan, pasien bisa kembali menggunakan makeup setidaknya dua minggu pasca operasi. Beberapa kasus mungkin mengharuskan pasien menunggu hampir satu bulan pasca operasi.

Para wanita harus tahu, memakai makeup terlalu cepat pasca operasi justru akan meningkatkan risiko infeksi dan peradangan mata. Partikel-partikel makeup juga memperlama proses penyembuhan. Jadi, tak ada salahnya jika bersabar untuk tidak memakai makeup sementara.

0 komentar:

Posting Komentar