Merawat Rem Mobil Itu Simpel


Sumber: fiskauto.com

Kalau ditanya apa fungsi dari rem pada kendaraan, jawabannya sudah pasti simpel: rem membantu menghentikan kendaraan dan menyelamatkan nyawa Anda.

Instrumen sepenting rem tentu saja harus selalu dirawat agar tetap berfungsi maksimal. Tak perlu repot kok, karena kuncinya adalah perawatan yang teratur.

Setelah beberapa lama dipakai, rotor dan drums sistem rem pasti akan memanas hingga semua komponennya berpotensi untuk gagal beroperasi. Akibat panas berlebihan yang terus menerus tersebut, resin pada brake pad akan mulai menguap hingga datang suatu saat ketika Anda tak bisa lagi menghentikan/memperlambat mobil. Situasi ini dinamakan brake fade.

Apapun jenis sistem rem mobil Anda, tromol maupun disc, perawatan teratur secara periodik adalah kunci agar sistem ini tetap berjalan sempurna. Jangan lupa juga untuk mengganti minyak rem secara berkala. Beberapa gejala 'penyakit' yang harus diwaspadai seputar rem adalah getaran berlebihan saat mengerem, bau terbakar, bunyi decitan yang mengganggu, dan sebagainya.

Ada baiknya untuk mencuci ban tiap bulan untuk menghilangkan debu-debu yang telah menumpuk pada rem. Namun, jangan terlalu sering mencuci ban jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat debu tinggi. Air justru dapat 'mengundang' debu untuk menempel serta mengurangi umur pad dan disc pada rem akibat adanya gesekan yang berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar