Menghemat Bahan Bakar Itu Simpel


Sumber: pricinginsider.carsdirect.com

Harga bahan bakar minyak memang sudah kembali turun. Tapi, tetap saja, makin hemat berarti makin bagus (terutama untuk isi kantong) bukan? Di bawah ini adalah beberapa cara efektif agar makin menghemat pengeluaran dana untuk pembelian bahan bakar.

Pelan-pelan saja
Pelan-pelan disini bukan berarti Anda harus menyetir dengan kecepatan 20 km/jam di apapun jalanannya kok. Sewajarnya saja, tidak terburu-buru, mengikuti 'aliran' lalu lintas yang ada dan pertahankan kecepatan dengan stabil. Jangan menginjak pedal gas dengan agresif saat mulai menjalankan mobil juga amat membantu.

Jangan lupakan maintenance rutin
Jangan malas ke bengkel. Mobil yang terawat tentu dapat lebih menghemat penggunaan bahan bakar dibanding yang tidak. Filter udara yang masih bisa dipakai atau tidak, kondisi busi (bahkan busi mobil terbaik pun harus diganti apabila sudah saatnya), kadar oli mesin, dan sebagainya.

Pertahankan inflasi ban mobil
Pemeriksaan tekanan ban setidaknya sebulan sekali sangatlah direkomendasikan. Jangan lupa juga untuk mengecek tekanannya saat kondisi cuaca sedang dingin.

Isilah bahan bakar saat suhu dingin
Saat suhu udara dingin, kekentalan bahan bakar di dalam tangki bawah tanah SPBU menjadi lebih bagus. Logikanya, makin kental bahan bakar, makin banyak yang masuk ke tangki mobil Anda.

Jangan terlalu lama memanaskan mobil
Hitungan yang disarankan adalah: 40 detik di saat cuaca panas dan 55 detik saat udara dingin. Lebih dari itu hanyalah akan buang-buang bahan bakar saja.

0 komentar:

Posting Komentar