Cara Merawat Aki Motor

Aki motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting di sepeda motor, karena aki motor berfungsi sebaga penyimpan dan penyuplai arus listrik untuk motor.

Pada umumnya aki basah (aki yang menggunakan cairan accu) memiliki masa pakai sekitar 2 tahun. Sedangkan jenis aki kering dapat dipakai hingga 5 tahun. Jenis aki kering tidak memerlukan perawatan, tetapi harganya memang lebih mahal.

Aki Motor
Foto: santiyoga.com

So, untuk aki basah, perawatan secara berkala terhadap aki motor tentu harus dilakukan. Berikut ini beberapa cara merawat aki motor, agar aki motor agar tetap awet:
  • Lakukan pemeriksaan kuantitas air aki secara berkala. Jika cairan aki kurang, segera tambahkan. Jika air berlebih, segera buang sampai batas normal karena akan mengakibatkan muatan melebihi batas dan air aki menjadi panas dan meluap keluar melalui tutup sel.
  • Periksalah kemungkinan keretakan atau kebocoran pada aki.
  • Periksalah kondisi terminal positif dan terminal negatif aki. Bagian ini kerap menjadi tempat menumpuknya kotoran, kerak karbon atau korosi. Lakukan pembersihan terminal aki dengan cara mencopot mur-baut terlebih dahulu. Bersihkan dengan menggunakan air panas. Kalau perlu lakukan pengamplasan pada kedua kepala aki sebelum dipasang.

Dengan melakukan perawatan aki secara berkala, aki Anda dijamin akan lebih awet. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar