Tax Heaven Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Di negara Asean, Singapura menjadi negara favorit para wajib pajak Indonesia. Hal ini disebabkan tarif pajak Singapura lebih rendah dibandingkan tarif pajak di dalam negeri. Kondisi ini jauh lebih baik dari sebelumnya, di mana Singapura masuk ke dalam daftar tax heaven countries.

Tax Heaven
Sumber foto: blog.perfectvisit.com


Tax heaven countries merupakan negara-negara yang dengan sengaja memberikan fasilitas perpajakan kepada wajib pajak negara lain agar penghasilan wajib pajaknya dialihkan ke negara mereka. Umumnya, negara-negara  penganut tax heaven ini memberikan tarif pajak lebih rendah atau tidak sama sekali. Salah satunya bentuknya adalah melakukan transfer pricing

Bloomberg News melaporkan bahwa beberapa perusahaan besar, seperti Google, Pfizer, Oracle, Facebook dan Microsoft telah berhasil mengurangi biaya pengeluaran untuk membayar pajak dengan melakukan transfer pricing. Penghindaran pajak ke negara tax heaven dapat dilakukan dengan skema transfer pricing yang biasanya terjadi antara pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa.

0 komentar:

Posting Komentar