Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Lasik Mata?


Sumber: occhicagoeyedoctor.com
Usia menandai banyak hal, seperti izin mengemudi, ikut pemilihan umum, bekerja bahkan pensiun. Hal ini juga berlaku pada lasik. Food and Drug Administration (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) merekomendasikan bahwa lasik mata dapat dilakukan pada mereka yang berusia 18 tahun ke atas. Namun kenyataannya, operasi lasik mata baik dilakukan diantara usia 20 hingga 40 tahun.

Usia tentu mempengaruhi pencalonan seseorang sebagai kandidat lasik mata. Banyak dokter spesialis mata yang merekomendasikan calon pasien untuk menunggu sampai usia pertengahan 20an guna meminilisir resep mata yang berubah. Usia 20an juga dinilai sebagai usia di mana seseorang akan memiliki tabungan yang memadai untuk melakukan lasik mata. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya operasi lasik mata tergolong cukup mahal.

Ketika seseorang memasuki usia 40 tahun, kondisi mata akan berubah lagi. Kebanyakan diantara mereka membutuhkan bantuan kacamata karena kondisi yang dikenal sebagai presbiopia. Pasien presbiopia lebih disarankan untuk melakukan monovision dibandingkan operasi lasik. Monovision adalah operasi laser untuk mengatasi rabun dekat.

Penuaan pada mata akan terus terjadi. Saat seseorang memasuki usia 60 tahun, mata akan berubah sekali lagi. Kali ini risiko katarak meningkat, meskipun sebagian orang lanjut usia memiliki mata sehat bebas katarak.

0 komentar:

Posting Komentar