Tip Memilih Ban Sepeda Motor

Ban Sepeda Motor merupakan salah satu komponen yang harus mendapat perhatian lebih dari para pemilik motor, karena selain ban membuat nyaman saat berkendara, ban sepeda motor juga merupakan salah satu faktor penting dalam hal keselamatan berkendara.

Tip Memilih Ban Sepeda Motor
Foto: bikebandit.com


Jika kita memilih ban yang tidak berkualitas, tentu saja akan membahayakan kita saat berkendara, karena sewaktu-waktu ban dapat bocor atau bahkan meletus. Lebih bahaya lagi jika kebocoran atau meletusnya ban terjadi saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

So, berikut ini beberapa tip memilih ban sepeda motor yang berkualitas:

  • Pilihlah Kualitas Karet Terbaik

Kualitas karet ban merupakan faktor terpenting yang harus dipertimbangkan dalam memilih ban. Pilihlah brand merk ban ternama yang paling banyak digunakan dan terbukti kualitasnya sangat baik atau Anda juga bisa berkonsultasi pada teknisi di toko ban.

  • Perhatikan Guratan Ban

Lingkungan dan suhu udara merupakan faktor yang mempengaruhi dalam memilih jenis guratan ban. Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu yang cenderung lebih sering panas, jangan gunakan guratan ban yang terlalu banyak karena jenis guratan ini tidak cocok digunakan di iklim panas

  • Perhatikan Tahun Pembuatan

Pada saat membeli ban, perhatikanlah kode produksi yang tertera pada ban. Misalnya, 1013. Perhatikan dua angka terakhir, itu menunjukan tahun pembuatan (2013). Beberapa jenis ban memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda tergantung tipenya.

  • Sesuaikan Ukuran Ban dengan Motor

Tak bisa dipungkiri bahwa masih ada pemilik kendaraan motor yang menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai dengan ukuran normal. Ukuran ban sebaiknya sesuai dengan kondisi motor anda. Untuk jenis motor yang diproduksi tahun 2009 kebawah sebaiknya menggunakan ban motor dengan ukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan untuk motor yang diproduksi diatas tahun 2010 sebaiknya menggunakan ukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan bagi pengguna motor matic sesuai standar sebaiknya menggunakan ban dengan ukuran 80/90 dan 90/90.

Semoga artikel otomotif ini bermanfaat untuk Anda!


(Berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar