Lasik dan Depth Perception


Sumber: cutarellivision.com

Depth Perception (Persepsi Kedalaman) adalah salah satu hal seputar penglihatan yang kadang kurang menjadi perhatian banyak orang, sampai pada suatu saat, kita luput memukul bola tenis atau salah perhitungan jarak saat parkir. Buat beberapa orang, hal ini tentu sangatlah mengganggu.

Secara ilmiah, Depth Perception adalah kemampuan sistem penglihatan untuk melihat posisi relatif dari objek di bidang visual. Depth Perception ini terbagi lagi menjadi Monocular Cues (penglihatan dengan satu mata) dan Binocular Cues (penglihatan dengan dua mata).

Penglihatan dengan dua mata merupakan penglihatan yang disebut Stereoscopis, sebuah situasi dimana kedua mata bekerja sama dan saling mengisi untuk melihat pengamatan melalui jarak. Jadi, pengamatan mengenai jarak sangat tergantung pada bagaimana kerjasama antara kedua mata. Karena letak mata terpisah antara kiri dan kanan, maka mata yang satu kadang tidak melihat objek persis dengan mata sebelahnya. Yang jelas, kerjasama antara kedua mata ini bukan pada organnya sendiri, tetapi lebih pada otak.

Operasi laser mata Lasik telah banyak terbukti dapat mengkoreksi masalah penglihatan yang berhubungan dengan Depth Perception. Dengan Lasik, keselarasan memandang sebuah objek dapat dikoreksi dan dibetulkan. Operasi Lasik untuk gangguan Depth Perception akan bekerja paling maksimal pada pasien berusia muda.

0 komentar:

Posting Komentar