Kiat Memilih Jaket Motor

Layaknya Aksesoris Yamaha Vixion dan beberapa jenis aksesoris motor lainnya, jaket juga termasuk ke dalam aksesoris motor. Kenapa demikian? Karena jaket merupakan salah satu perlengkapan penting dalam berkendara.  Saat ini jaket tak hanya berfungsi untuk melindungi Si pendendara, namun jaket motor juga telah menjadi bagian dari lifestyle. So, kini jaket memiliki  berbagai inovasi yang cukup beragam.

Kiat Memilih Jaket Motor
Foto: rideapart.com


Dilihat dari fungsinya, jaket motor terbagi menjadi dua, yaitu jaket harian dan jaket touring. Jaket motor untuk harian tentu memiliki desain dan bahan yang berbeda dengan jaket touring. Karena jaket harian biasanya menggunakan bahan yang lebih tipis dan cenderung lebih nyaman, sehingga saat digunakan, pengendara tidak akan merasa kepanasan. Berikut ini Kiat Memilih Jaket Motor yang nyaman tetapi tetap trendy untuk sehari-hari :

  • Pilih jaket motor yang mudah digunakan

Hindari memilih jaket yang terlalu banyak tali, karena ini bisa membahayakan ketika berkendara di jalanan. Banyaknya tali jaket ini bisa tersangkut dengan komponen sepeda motor sekaligus bisa mengganggu konsentrasi.

  • Pilih jaket motor yang cocok dan pas dengan ukuran badan

Memilih jaket untuk berkendara setiap hari sebaiknya jangan terlalu longgar atau pun terlalu sempit. Jika terlalu longgar, ini bisa membuat Si pengendara mudah masuk angin, sedangkan jika terlalu sempit bisa membuat nafas terasa lebih sesak.

  • Pilih jaket motor yang menutup beberapa anggota tubuh

Yang dimaksud menutup anggota tubuh adalah seperti bagian leher, pergelangan tangga dan juga bagian pinggul. Sehingga tubuh mendapat perlindungan secara menyeluruh dan maksimal dan terkena angina kencang.  Setidaknya ini juga untuk sebagai salah satu cara antisipasi ketika terjatuh sehingga terhindari dari lecet atau terkena benturan aspal. Selain jaket, pastikan Anda juga selalu menggunakan helm motor terbaik untuk melindungi bagian kepala Anda apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

  • Pilih jaket motor yang sesuai dengan waktu berkendara

Jadi bisa dikatakan, setiap pengendara minimal harus memiliki dua jaket dengan warna yang berbeda satu warna gelap dan warna terang. Jika berkendara di malam hari, sebaiknya pakai jakai dengan warna yang terang sehingga akan tampak jelas oleh pengendara lainnya. Sedangkan untuk siang hari, bisa menggunakan warna-warna gelap sehingga tidak aneh ketika cuaca sedang panas terik.

  • Pilih jaket dengan bahan yang pas

Sama seperti warna, bahan juga penting ketika akan memilih jaket motor. Akan lebih baik jika pengendara memiliki 2 jaket yang jenis bahan nya berbeda. Ini tentu digunakan disesuaikan dengan waktu, misalnya siang hari yang panas maka usahakan untuk menggunakan jaket yang bahan nya tidak terlalu tipis. Sedangkan jika berkendara malam hari, gunakan jaket dengan bahan yang agak tebal sehingga tubuh tetap merasa hangat. Apalagi kini cuaca sedang tidak bersahabat dan cenderung berganti-ganti.

Semoga kiat memilih jaket motor ini bermanfaat untuk Anda!

Oleh: Apuy

0 komentar:

Posting Komentar