Waspadai Bahaya Katarak pada Anak


Sumber: drkronwith.com

Pada beberapa anak, operasi untuk menghilangkan Katarak yang menyebabkan hilangnya penglihatan, sangatlah penting untuk mencegah kebutaan permanen. Hal ini terkait langsung dengan periode terpenting pada proses perkembangan penglihatan anak yang berlangsung sejak lahir hingga usia 3 bulan. Makin cepat gelajanya diketahui dan pengobatan Katarak dilakukan, makin cepat pula penglihatan seorang anak terlindungi.

Balita dan bayi mempunyai resiko tertinggi (hampir 100%) untuk mengalami keburaman pada bagian lensa mata pada operasi Katarak. Saat seorang anak menderita Katarak yang mengakibatkan hilangnya penglihatan pada kedua matanya, proses operasi pada salah satu mata berikutnya harus dilakukan pada beberapa minggu sesudah proses operasi mata yang pertama. Hal ini untuk mengurangi resiko komplikasi muncul pada kedua mata secara bersamaan.

Akibat perbedaan kondisi antara lensa mata anak-anak dengan orang dewasa, beberapa ahli bedah mata tidak menggunakan lensa mata buatan saat operasi Katarak. Mereka biasanya menggunakan contact lens untuk mengganti lensa mata yang diambil. Jika operasi Katarak bisa ditunda sampai anak berumur 1 atau 2 tahun, penanaman lensa mata buatan mungkin bisa dilakukan. Meski begitu, ada kalanya proses operasi Katarak pada anak tak bisa ditunda-tunda karena besarnya resiko terserang penyakit Mata Malas hingga hilangnya penglihatan secara total (kebutaan).

0 komentar:

Posting Komentar