Seputar Operasi Mata Katarak


Sumber: cedarvalleyeyecare.com

Saat lensa mata seseorang menjadi buram dan penglihatan meredup, itulah yang disebut dengan Katarak. Kebanyakan kasus Katarak terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Beberapa kasus, meski jarang, juga terjadi akibat cedera fisik serta pengaruh bahan kimia dan obat-obatan tertentu. Untuk mengembalikan performa penglihatan seseorang akibat Katarak, peran operasi mata Katarak menjadi sebuah hal yang cukup penting.

Dalam operasi Katarak, lensa mata yang telah buram karena proses penumpukan protein dibersihkan atau diangkat dan diganti oleh lensa buatan manusia yang biasa disebut IOL (Intraocular Lens). Sebuah proses operasi Katarak biasanya berlangsung kurang dari 1 jam, sehingga pasien tidak perlu dirawat inap. Operasi Katarak juga sangat minim rasa sakit. Mata yang dioperasi akan diperban selama 1 malam setelah operasi. Pasien juga akan menggunakan sebuah pelindung mata saat malam hari selama kurang lebih 1 minggu.

Menurut penelitian, hampir 98% operasi Katarak berlangsung aman tanpa komplikasi serius tiap tahunnya. Namun begitu, meski jenis operasi ini tergolong sangat aman, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi tentang segala hal mengenai operasi Katarak dengan ahli bedah mata profesional.

0 komentar:

Posting Komentar