Mitos VS Fakta Seputar Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: auuuu.org

Pernahkah Anda mengalami penglihatan kabur, seperti terdapat kabut yang menghalangi untuk melihat? Atau, apakah Anda memerlukan pencahayaan yang terang untuk membaca? Hati-hati, itu semua adalah gejala umum penyakit mata katarak.

Katarak merupakan perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih menjadi keruh. Akibatnya, penderita mata katarak kesulitan utnuk melihat dengan jelas. Di Indonesia, jumlah penderita katarak cukup tinggi. Sayangnya, karena ketebatasan informasi, banyak orang yang tak melakukan operasi katarak. Yuk, kenali mitos dan fakta seputar mata katarak.

Mitos: Membaca terlalu dekat dapat menyebabkan atau memperburuk katarak.
Fakta: Katarak tidak disebabkan bagaimana Anda menggunakan mata Anda. Umumnya, katarak terjadi karena penuaan.

Mitos: Operasi katarak cukup lama.
Fakta: Operasi katarak merupakan salah satu bentuk pengobatan katarak yang aman dan menjadi prosedur yang paling dilakukan, dengan tingkat kesuksesan mencapai 95 persen. Tentu saja, sebelum melakukan operasi, pasien akan diberitahu risiko yang mungkin akan terjadi. Tapi, pasca operasi, Anda langsung dapat melakukan aktivitas normal ketika perban di mata dilepaskan.

Mitos: Operasi katarak harus menunggu kataraknya matang.
Fakta: Pernyataan itu mungkin berlaku saat dulu. Namun kini, pengobatan katarak sudah menggunakan prosedur modern, di mana siapa pun bisa melakukan operasi katarak secepatnya ketika merasa penglihatan mulai kabur dan menganggu kualitas hidup.

Mitos: Katarak hanya dialami orangtua.

Fakta: Katarak memang banyak dialami oleh orang yang berusia 65 tahun ke atas, namun katarak kini juga bisa diidap oleh kaum muda. Umumnya, munculnya katarak disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti diabetes, pengobatan tertentu, dan masalah mata lainnya. Dalam beberapa kasus, gangguan mata katarak bisa karena bawaan dari lahir (katarak congenital).

Mitos: Katarak menular
Fakta: Katarak dapat terjadi di salah satu mata atau bahkan keduanya. Namun, katarak tidak menular dari satu orang ke orang lain.

Mitos: Proses penyembuhan katarak sangat lama.

Fakta: Operasi katarak sangat mudah dan cepat dilakukan. Kebanyakan pasien langsung bisa memiliki penglhatan 20/20 di keesokan harinya. Sekitar 62 persen pasien mengaku puas dengan hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar