Makanan-makanan yang Bagus Dikonsumsi Setelah Operasi Lasik


Sumber: organichealthadviser.com

Proses operasi Lasik mata mungkin hanya berlangsung kurang dari setengah jam, tapi sebenarnya yang tak kalah penting adalah proses pemulihan fisik dan mata setelah operasi. Hal tersebut dikarenakan fase pemulihan ini membutuhkan kesabaran dan dedikasi tinggi dari pasien untuk terus mengikuti saran-saran ahli bedah mereka, menghindari kegiatan fisik berat selama beberapa minggu, serta tidak pernah melewatkan sesi konsultasi setelah operasi.

Salah satu cara lainnya untuk mempercepat proses pemulihan setelah operasi Lasik mata adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi bagus untuk mata. Apa saja kira-kira nutrisi dan makanan tersebut?

Protein
Protein mengandung Asam Amino yang dapat membantu penyembuhan luka dan regenerasi jaringan. Bahan makanan yang baik dalam memproduksi protein adalah daging unggas, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang lentil, buncis, dan kacang-kacangan. Minyak ikan perairan dingin juga baik karena mengandung zat Omega 3 yang bagus untuk meningkatkan penglihatan. Omega 3 juga membantu menambah lapisan cairan dalam mata sehingga menjaga mata tidak terlalu kering setelah operasi Lasik. Sementara bagi vegetarian, minyak biji rami menjadi yang disarankan sebagai alternatif minyak ikan.

Vitamin
Unsur vitamin terbaik untuk pemulihan Lasik adalah vitamin A dan C karena kemampuan mereka untuk membantu pengobatan luka. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk pil, kedua vitamin tersebut juga banyak didapat dari sayuran-sayuran daun berwarna hijau gelap, kentang manis, wortel, serta pada buah-buahan seperti jeruk lemon, paprika manis dan tomat.

Karbohidrat
Zat ini adalah sumber energi bagi tubuh dan otak. Pilihlah sumber karbohidrat dengan serat yang baik seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian (kecuali yang berwarna putih maupun yang olahan), kacang, dan kacang polong.

Lemak
Jangan takut dulu dengan kata lemak. Lemak tetap ada yang baik bagi tubuh dan bisa didapat pada buah alpukat, olive oil dan kacang-kacangan. Lemak baik ini, jika dikonsumsi sesuai anjuran ahli, bisa meningkatkan kekebalan tubuh yang membantu proses pemulihan setelah operasi Lasik.

0 komentar:

Posting Komentar