Lasik Terbukti Aman untuk Ibu Menyusui


Sumber: healthyadviceguide.com

Lasik mata adalah sebuah prosedur operasi menggunakan laser untuk memperbaiki penglihatan seseorang agar dapat melihat lebih baik tanpa bantuan kacamata atau contact lens. Meski telah banyak kisah kesuksesan dan keampuhan Lasik baik dari dalam maupun luar negeri beredar di sekitar kita, aman tidaknya operasi mata Lasik untuk para kaum ibu yang sedang menyusui menjadi pertanyaan yang selalu muncul. Bagaimana sebenarnya hubungan antara Lasik dengan ibu menyusui?

Pada kenyataannya, para ahli berpendapat bahwa Lasik aman untuk diterapkan pada ibu menyusui. Setelah seseorang melakukan operasi Lasik, mereka akan diberikan beberapa resep obat penawar rasa sakit ringan oleh ahli bedah. Yang harus diperhatikan adalah, minumlah obat-obat tersebut sehabis proses menyusui dilakukan, lalu lanjutkan dengan susu formula atau Air Susu Ibu (ASI) yang telah dipompa terlebih dahulu. Proses menyusui dapat kembali dilakukan pada keesokan harinya.

Biasanya, pasien juga akan diberikan beberapa jenis obat tetes mata setelah melakukan operasi Lasik. Untuk menghindari obat tetes mata tersebut masuk pada aliran darah, para ibu menyusui bisa menutup kanal air mata saat menggunakan obat tetes tersebut. Caranya cukup mudah, tekanlah bagian dalam sudut mata selama sekitar 60 detik setelah obat mata diteteskan. Namun, jangan khawatir bila kebetulan cara ini tidak atau lupa dilakukan karena dosis yang ada di obat tetes mata tersebut sebenarnya sangat minim untuk bisa sampai terbawa pada aliran darah serta Air Susu Ibu (ASI).

0 komentar:

Posting Komentar