Mata Kering Pasca Operasi Lasik?


 Lasik Mata | iLasik Jakarta | Lasik Jakarta
Sumber foto: Keywhitman.com

Rasanya tak nyaman dan gatal mengalami mata kering. Tapi inilah salah satu efek samping dari lasik yang kerap dialami para pasien. Para ahli memperkirakan sekitar 8 dari 10 pasien lasik mengalami gejala kering di minggu-minggu berikutnya setelah prosedur lasik. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi?

Umumnya, masalah mata kering disebabkan oleh bagaimana jalannya operasi itu sendiri. Operasi lasik membantu membentuk kembali kornea untuk memperbaiki penglihatan, tetapi mengubah kelengkungan kornea juga dapat mempengaruhi lapisan air mata.

Selain itu, selama operasi lasik, permukaan mata akan ditembus. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan saraf-saraf kornea menjadi tidak peka. Saraf-saraf tersebut bertanggung jawab memberitahu mata ketika terjadi kekurangan kelembaban di mata. Ketika saraf-saraf tidak berfungsi dengan benar, maka saraf tidak bisa mengirimkan sinyal atau informasi dengan benar ke kelenjar lakrimal, yang memproduksi air mata saat menghadapi mata kering atau iritasi mata lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, dokter memberikan obat tetes mata yang akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak air mata. Agar masalah ini tak menimpa Anda, sebaiknya lakukan pencegahan mata kering setelah lasik dengan cara:

1. Menginformasikan dokter bedah lasik jika Anda memiliki masalah lain di mata, seperti mata gatal karena alergi.

2. Konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kuantitas air mata yang sehat.

3. Minum banyak air setiap hari.

4. Hindari alkohol, kafein, dan zat lain yang dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Ikuti semua petunjuk yang diberikan oleh dokter mata Anda sebelum dan setelah operas.


Oleh: @innesspw

0 komentar:

Posting Komentar