Katarak dan Operasi Penyembuhan


Operasi Mata Katarak | Operasi Katarak
Foto: medicinenet.com
 

Katarak merupakan sebuah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh atau buram sehingga terjadi penurunan penglihatan. Gangguan penglihatan ini terjadi karena cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina akibat terhalang lensa yang keruh.

Katarak biasanya terjadi karena masalah penuaan dan menyerang para lansia. Walaupun menurut the Mayo Clinic pada saat ini banyak ditemukan katarak pada pasien yang jauh lebih muda. Kebiasaan terlalu lama menatap layar perangkat elektronik, gizi yang kurang seimbang, kebiasaan merokok hingga terpapar sinar UV berlebihan menjadi beberapa faktor munculnya katarak di usia muda.

Gejala awal katarak dapat dirasakan karena terjadi penglihatan kabur, silau terhadap cahaya dan kesulitan membaca. Namun sayangnya, banyak penderita katarak tidak menyadari gejala ini. Memeriksakan kondisi ini ke dokter merupakan pilihan bijak.

Pembedahan direkomendasikan untuk sebagian besar pasien yang mengalami kehilangan penglihatan secara signifikan ketika penggunaan kacamata dan lensa kontak tidak membantu. Operasi pengangkatan katarak dengan implantasi lensa buatan biasanya dipilih ketika masalah penglihatan ini mengganggu kegiatan rutin sehari-hari pasien.

Operasi katarak hanya memakan waktu singkat dan cenderung aman. Namun jika Anda memiliki penyakit mata lainnya yang signifikan terkait dengan katarak yang membatasi penglihatan Anda, dokter tidak akan merekomendasikan untuk melakukan operasi. (Berbagai sumber)


Oleh: Innes

0 komentar:

Posting Komentar