Tips Digital Marketing: 5 Tips Jualan Online untuk Pemula


Jualan Online
Foto: yourartlinks.com

Digital marketing atau online marketing, adalah strategi marketing yang tengah trend saat ini, hal ini sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan pengguna internet secara signifikan di Indonesia maupun di dunia. Internet kini telah berubah menjadi pasar yang sangat potensial untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa.

Anda tertarik berbisnis atau berjualan di dunia online? Berikut ini tips jualan online untuk pemula:

1. Memiliki Website 

Website merupakan center activity atau pusat aktivitas dimana Anda akan mempromosikan dan menjual produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Menjual produk dan jasa melalui website memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari konsumen, jika dibandingkan dengan berjualan melalui blog. Pilihlah domain dan hosting yang tepat untuk website atau blog Anda, misalnya dalam hal speed, kapasitas penyimpanan, dan lain sebagainya. Hosting yang berkualitas rendah, akan menghambat informasi yang anda sampaikan melalui website atau website tidak dapat terakses dengan baik. 

Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam web development atau Anda tidak memiliki budget untuk membuat website, Anda bisa memanfaatkan blog dengan melakukan re-direct ke domain. 

2. Pastikan Produk atau Jasa yang Anda Tawarkan Berkualitas

Berbisnis online lebih sulit mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, terlebih jika Anda mengecewakan konsumen, kemungkinan terbesar yang akan terjadi adalah Anda akan kehilangan konsumen untuk selama-lamanya. Oleh karena itu, pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas dan berilah konsumen servis terbaik.

3. Manfaatkan Sosial Media dan Forum

Manfaatkanlah sosial media dan forum untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ingat, jangan berpromosi atau berjualan terlalu berlebihan (hard sale), fokuslah pada konten sosial media dan forum yang menekankan pada berbagai kelebihan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini dilakukan agar pengguna sosial media dan forum lainnya tidak merasa terganggu.

4. Manfaatkan Fasilitas Iklan Gratis

Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh portal iklan gratis untuk berpromosi, misalnya iklan dalam bentuk teks (iklan baris), iklan dalam bentuk artikel yang disertai gambar dan lain sebagainya. 

5. Optimasikan Website Anda dengan Teknik SEO

Teknik SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan website di mesin pencari, misalnya Google. Jika Anda tidak mengerti teknik SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO Consultant atau Konsultan SEO. Konsultan SEO akan membantu Anda dalam meningkatkan organic traffic dan membuat website Anda mudah ditemukan di mesin pencari Google. SEO juga umumnya menjadi salah satu servis yang ditawarkan oleh Digital Agency.

Semoga Tips Digital Marketing diatas, bermanfaat untuk Anda.

4 komentar:

  1. terimakasih sangat bermanfaat artikelnya.
    __
    JUAL sepatu lokal Bandung ORIGINAL, MURAH,FREE ongkir se-pulau JAWA. DISKON dan PROMO setiap hari.SEGERA hubungi BBM: 75570084 , Whatsapp: 085727336911.
    http://sepatulokalbandung.wordpress.com/
    http://nandegastore.blogspot.com/
    sepatufootwear.blogspot.com

    KAOS BOLA, JERSEY BERKUALITAS juga ada disini :
    www.facebook.com/nandegastore
    CINTA & BANGGA DENGAN PRODUK DALAM NEGERI

    BalasHapus
  2. Penting dan inspiratif banget

    BalasHapus
  3. Emang harus kek gini gan...kalo enggak bisa mati sendiri.

    BalasHapus