Klaim Asuransi Jiwa Ditolak? Ini Penyebabnya

Artikel Asuransi - Asuransi Jiwa

Saat asuransi jiwa ditolak tentu pihak pemegang polis maupun keluarga pemegang polis asuransi akan sangat kecewa.

Berbagai kasus ditolaknya klaim asuransi jiwa secara tidak langsung telah membuat masyarakat takut untuk membeli polis asuransi atau produk asuransi, bahkan ada beberapa yang kemudian menjadi antipati terhadap asuransi.

Berbagai ketakutan ini seharusnya tidak terjadi karena berbagai kasus ditolaknya klaim asuransi jiwa biasanya dikarenakan kesalahan pemegang polis itu sendiri atau mungkin pemegang polis asuransi tidak memahami sepenuhnya pasal-pasal yang tertera dalam perjanjian asuransi.

Klaim Asuransi Jiwa
Foto: sparrowexteriors.com

Berikut ini beberapa penyebab atau alasan yang menyebabkan ditolaknya klaim asuransi jiwa:

1. Bunuh Diri
Bunuh diri adalah suatu tindakan menghilangkan nyawa dengan sengaja. Oleh karena itu, perusahaan asuransi berhak untuk tidak memberikan persetujuan klaim asuransi.

2. Melukai Diri Sendiri
Jika pemegang polis mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan diri sendiri, berbagai tindakan kesengajaan atau tindakan yang menantang bahaya, maka perusahaan asuransi tidak akan mengabulkan klaim asuransi.

Contoh kasus:
Pada asuransi kematian akibat kecelakaan (accidental death), biasanya terdapat klausul yang mengecualikan kecelakaan yang disebabkan oleh tindakan "melukai diri sendiri". Oleh karena itu, perusahaan asuransi berhak menolak klaim kematian akibat kecelakaan yang disebabkan oleh kebut-kebutan di jalan raya karena kebut-kebutan merupakan salah satu tindakan "melukai diri sendiri", atau pemegang polis asuransi mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk.

3. Misrepresentasi Material
Misrepresentasi Material adalah memberikan pernyataan yang tidak sesuai dengan fakta kepada perusahaan asuransi. Misalnya berbohong mengenai riwayat kesehatan, umur, pekerjaan dan lain sebagainya. Perusahaan asuransi berhak menolak klaim asuransi dari pemegang polis jika dalam penyelidikan terbukti adanya Misrepresentasi Material.

Agar saat mengajukan klaim asuransi disetujui oleh perusahaan asuransi, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal yang menyebabkan ditolaknya klaim asuransi diatas. (WM)


(Berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar